Contoh Usaha Hewan Ternak Yang Cocok

  • Share
Rumah Peternakan

Membuka peluang usaha dalam bidang peternakan merupakan hal yang potensial. Apalagi jika anda melakukan ternak hewan konsumsi yang tidak pernah sepi pembeli. Usaha beternak hewan juga sangat cocok dilakukan jika anda tinggal diwilayah pedesaan ataupun jika anda memiliki lahan yang cukup luas. Apalagi jika anda memang memiliki hobi ternak hewan tentu akan menjadi lebih menyenangkan menjalankan suatu bisnis yang dilakukan berdasarkan kesenangan.

Untuk memulai bisnis beternak hewan peliharaan hal yang perlu anda perhatikan dan anda lakukan pertama kali adalah membaca peluang pasar. Pilih hewan yang paling banyak dibutuhkan oleh konsumen. Selain itu juga pilih hewan yang jenis perawatannya mudah agar tidak merepotkan anda serta tidak gampang mati dan bisa menyebabkan anda menjadi rugi. Harga pakan yang tergolong murah atau bahkan bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan sederhana di sekitar anda juga bisa menambah keuntungan anda. Berikut ini adalah hewan-hewan yang bisa anda pelihara untuk memulai usaha peternakan anda.

Contoh usaha hewan ternak yang cocok

Beternak Kambing

Beternak hewan yang satu ini juga tergolong mudah dan untuk biaya pakannya juga murah dan mudah didapatkan karena tersedia di sekitar anda. Jika anda tinggal dipedesaan tentu akan banyak rumput-rumput gratis yang bisa anda ambil untuk dijadikan pakan kambing. Selain itu apabila musim Idul Adha, kambing bisa menjadi hewan ternak yang paling banyak dicari dan harga jualnya pun menjadi lebih tinggi dibanding hari-hari biasanya.

Sapi
Sapi

Beternak Sapi

Sapi juga merupakan hewan konsumsi yang setiap harinya dibutuhkan oleh konsumen untuk dikonsumsi dagingnya. Selain itu anda juga bisa beternak sapi perah yang khusus untuk diambil susunya. Sapi perah memiliki masa panen yang lebih sering dibanding sapi potong. Anda dapat memanen susu dua kali sehari pada saat pagi dan sore hari. Dengan hal itu, beternak sapi merupakan bisnis dengan prospek yang bagus dan dapat anda jalankan ketika anda sudah siap dari segi modal dan lokasi.

Beternak Lele

Selain kambing dan sapi anda juga dapat beternak ikan yang relative lebih mudah perawatannya. Anda cukup menyediakan kolam untuk berbudidaya ikan. Salah satu jenis ikan yang tidak mudah mati dalam kondisi apapun adalah lele. Lele dapat hidup di perairan yang kotor sekalipun dan pakannya juga terbilang murah. Lele konsumsi banyak dibutuhkan oleh warung-warung makan maupun warung tenda yang setiap harinya menjual pecel lele.

Ayam
Ayam

Beternak Ayam

Beternak ayam juga merupakan usaha peternakan yang menjanjikan. Anda bisa beternak jenis ayam broiler yang memiliki masa panen singkat. Selain itu anda juga bisa membuka usaha ayam petelur dimana setiap harinya anda dapat memanen telur-telur ayam yang memiliki harga cukup tinggi dipasaran. Namun untuk membuka usaha ini usahakan agar lokasi peternakan jauh dari pemukiman warga karena bau dari kotoran ayam yang sangat menyengat.

Beternak Bebek

Seperti ayam, anda juga bisa memilih untuk beternak bebek potong atau petelur. Untuk jenis bebek potong tentu banyak memiliki sasaran pembeli seperti warung-warung yang banyak menjajakan olahan bebek. Selain itu anda juga bisa memelihara bebek petelur karena telur bebek banyak dibutuhkan untuk membuat telur asin ataupun martabak telur.

Demikian adalah hewan-newan yang cukup potensial untuk anda jadikan usaha di bidang peternakan. Tidak ada yang tidak mungkin karena semua peluang adalah anda sendiri yang menciptakan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *