Dampak Buruk Akibat kelebihan Berat Badan

  • Share
Berat badan
Berat badan

Merasa bermasalah dengan berat badan? Memang benar kalau seseorang punya kelebihan berat badan atau obesitas cenderung mengalami hal hal yang tidak menyenangkan. Bahkan kelebihan berat badan juga bisa berakibat buruk pada kesehatan. Beberapa penyakit berbahaya mudah terjangkit kepada orang orang yang obestitas seperti kanker, penyakit diabetes, hingga terserang penyakit jantung. Untuk pria yang mengalami diabetes juga cenderung mengalami disfungsi ereksi.

Selain efek buruk pada kesehatan, adakah dampak lain karena memiliki berat badan berlebihan? Jawabnya : Ada. Akibat memiliki kelebihan berat badan sering kali jadi bahan ledekan, susah memilih baju yang ukurannya pas hingga resiko mandul. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak beberapa dampak buruk dan kerugian karena mengalami obesitas di bawah ini.

1. Bullying

Dalam bersosialisasi, orang orang yang punya berat badan berlebihan seperti jadi sasaran empuk dengan di ledekin atau di bully gendut lah.. gentong lah.. gembrot lah dll. Hal ini bisa berakibat pada kondisi psikologis, kondisi psikologis pemilik obesitas bisa terganggu. Jika sudah terganggu lama lama bisa mengalami stres atau bahkan depresi.

Apabila mengalami stres, maka kualitas hidup orang tersebut akan menurun. Apabila terlalu sering mengalami stres atau sudah pada tingkat depresi, orang yang bertubuh gemuk bisa melakukan bunuh diri.

2. Sulit Dapat Pasangan

Apa dampak buruk bagi orang yang sering di bully? Apabila sangat sering kena bully bisa saja orang yang kelebihan berat badan jadi minder dan cenderung menutup diri dari pergaulan. Karena sering minder dan menutup diri maka bisa berakibat pula pada percintaan. Hal ini tentu bisa menutup kesempatan dapat pacar yang akhirnya sulit mendapatkan jodoh.

3. Gaji Lebih Kecil

Ada satu penelitian yang dilakukan oleh George Washington University School of Public Health dan dari penelitian tersebut mengatakan kalau wanita obesitas punya gaji yang jauh lebih kecil jika di bandingkan dengan wanita yang punya berat badan ideal.

Hasil penelitian tersebut telah menemukan kalau wanita yang punya berat badan normal punya gaji Rp 30 juta lebih tinggi dalam setahun dibandingkan dengan perempuan yang memiliki berat badan berlebih. Sementara itu ada juga hasil penelitian lain yang menemukan kalau wanita yang punya berat tubuh nornal lebih mudah dapat kerjaan di bandingkan dengan wanita obesitas.

4. Terkena Migrain

Orang orang yang memiliki kelebihan berat badan akan lebih sering terkena migrain dibandingkan dengan orang yang punya berat badan normal. Hal ini merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins University, bahwa akibat kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko terserang migrain menjadi 81 persen.

Dari sejumlah partisipan mengemukakan bahwa migrain menyerang mereka lebih dari 14 kali dalam satu bulan. Sedangkan bagi orang orang lanjut usia   50 tahun ke atas yang punya kelebihan berat badan diketahui punya risiko besar terserang migrain dan sakit kepala hebat.

5. Mandul

Efek buruk lainnya bagi orang obesitas terutama bagi wanita adalah akan membuat mereka sulit mendapatkan keturunan. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi yang di lakukan di India yang mengatakan kalau wanita yang bobot tubuhnya berlebihan mempunyai risiko 91 persen lebih tinggi mengalami polycystic ovarian disease.

Polycystic ovarian disease adalah salah satu penyakit yang membuat rahim wanita sulit dibuahi sperma. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah karena adanya perubahan hormon yang terjadi akibat terlalu banyaknya lemak yang menumpuk di tubuh.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *