15 Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

  • Share
Manfaat Buah Strawberry

Bisa dikatakan bahwa buah strawberry adalah buah serbaguna yang dapat dijadikan untuk makanan olahan. Selain mempunyai rasa yang enak, buah kecil berwarna merah cerah dan berbintik ini juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Buah dengan nama latin Fragraria ananassa ini berasal dari wilayah Eropa pada abad ke-18. Buah kecil manis ini merupakan hibrida dari dua spesies buah strawberry Chili dengan strawberry liar dari Amerika Utara. Dan buah strawberry ini pada umumnya mempunyai warna merah cerah, kecil, berair, dan memiliki rasa manis.

Strawberry merupakan buah kecil dengan rasa manis berbentuk hati berwarna merah cerah, yang banyak diminati karena memiliki rasa yang enak, segar, dan punya banyak manfaat karena nutrisinya. Buah strawberry juga bisa dimakan secara langsung, dijadikan smoothie, dibuat jus, atau ditambahkan ke dalam salad buah. Di sisi lain, buah strawberry ini merupakan sumber mangan yang baik dan vitamin C yang cukup tinggi, dan juga memiliki kandungan folat (vitamin B9) dan kalium di dalamnya.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah stroberi (strawberry)

Buah yang paling terkenal di keluarga beri ini memiliki senyawa tanaman yang bermanfaat dan kaya akan antioksidan, seperti asam ellagic, procyanidins, ellagitannins, dan anthocyanin (pelargonidin). Dan perlu diketahui bahwa kandungan buah stroberi dalam 100 gram menurut Food Data Central, terdiri dari 32 kcal Energi, 90,95 gram Air, 16 mg kalsium, 4,89 gram gula, 58,8 gram Vitamin C, 7 mcg Beta karotin, 1 mcg Vitamin A, 0,29 mg Vitamin E (alpha-tocopherol), 2,2 mcg Vitamin K, 0,047 mg Vitamin B6, 0,67 gram Lemak total, 2 gram serat, 153 mg Kalium, 0,14 mg Zink, 0,41 mg Zat besi, 13 mg Magnesium, 24 mg Fosfor, 5,7 mcg Kolin, 0,022 mg Riboflavin, 24 mcg Folat, dan 7,7 gram karbohidrat.

Sebagian besar kandungan karbohidrat yang terdapat pada buah kecil berwarna merah ini merupakan gula sederhana, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Namun begitu, di dalam buah stroberi ini juga terdapat kandungan serat dengan jumlah yang cukup. Selain itu, buah stroberi juga mempunyai indeks glikemik (GI) dengan skor mencapai 40, yang berarti tidak akan mengakibatkan lonjakan besar pada kadar gula darah. Di dalam buah stroberi itu sendiri juga terdapat kandungan zat besi, fosfor, magnesium, tembaga, vitamin E, K, dan B6. Dan segala macam nutrisi yang terkandung dalam buah stroberi ini tentu menjadikannya bagus untuk dikonsumsi secara rutin.

Beberapa manfaat buah stroberi (strawberry) untuk kesehatan

Buah stroberi mempunyai berbagai macam manfaat yang baik dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit. Dan beberapa manfaat buah stroberi untuk kesehatan, di antaranya sebagai berikut.

Mengontrol tekanan darah tinggi

Salah satu riset yang ada pada “American Journal of Clinical Nutrition” mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang banyak akan anthocyanin seperti pada buah stroberi dapat mengontrol tekanan darah tinggi.
Selain memiliki fungsi sebagai pewarna makanan alami, anthocyanin pada buah stroberi juga bisa membantu membuka aliran darah di tubuh kita.

Hasil ini sangat berpengaruh bagi mereka yang memiliki umur di bawah 60 tahun. Namun begitu, Anda lantas tak boleh mengabaikan pengobatan pada dokter, Anda tetap harus selalu melakukan konsultasi terhadap dokter untuk penanganan yang tepat dan terukur.

Buah Strawberry untuk kesehatan
Buah Strawberry untuk kesehatan

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat lain dari buah stroberi adalah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Itu karena buah stroberi memiliki banyak kandungan vitamin C di dalamnya. Apabila sistem kekebalan tubuh kita terjaga secara baik, maka dengan begitu kita dapat melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit karena infeksi. Jadi, untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, kita dapat mengonsumsi buah stroberi ini secara rutin.

Menjaga gula darah tetap stabil

Dan para ahli memberikan kesimpulan bahwa antioksidan dan berbagai senyawa lain seperti anthocyanin, ellagitannins, dan phytochemicals yang terdapat pada buah stroberi dapat menjaga gula darah agar tetap stabil.
Karena dikatakan memiliki indeks glikemik yang rendah, maka buah stroberi sangat aman untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit diabetes. Dan Anda bisa mendapatkan rasa manis alami dari buah stroberi ini sebagai pengganti rasa manis yang terdapat pada gula biasa.

Mencegah penyakit jantung

Karena banyaknya kandungan polifenol di dalamnya, maka buah stroberi ini memiliki efek pencegahan terhadap penyakit jantung. Dan polifenol itu sendiri merupakan senyawa tanaman yang bagus untuk tubuh kita. Jadi, dengan mengkonsumsinya dapat berpotensi membantu mencegah penyakit jantung.

Ini dikarenakan adanya kandungan polifenol pada buah stroberi yang bisa membantu menyerap lemak baik (HDL) dalam tubuh kita dan dapat mencegah penyerapan lemak jahat (LDL), sehingga bagus untuk jantung kita.
Selain itu, senyawa anthocyanin dalam buah stroberi diduga dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung. Dan kandungan kalium dan serat dalam buah stroberi juga dapat memberikan dukungan untuk kesehatan jantung kita.

Menurunkan berat badan

Dalam buah stroberi terdapat kandungan serat yang dapat larut dan tidak dapat larut. Nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga bakteri baik agar tetap di dalam usus, sehingga kesehatan pencernaan kita akan tetap terjaga. Di sisi lain, dengan mengkonsumsi buah stroberi secara rutin juga dapat membantu menurunkan berat badan karena di dalam buah tersebut terkandung serat yang dapat mengenyangkan.

Menjaga kesehatan mata

Buah stroberi kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C. Keduanya itu bisa membantu melawan radikal bebas agar mata kita tetap terlindungi dari penyakit mata seperti katarak, mata kering, dan degenerasi makula.
Di sisi lain, terdapat juga kandungan kalium dalam buah stroberi yang diyakini bagus untuk membantu mengatasi adanya masalah tekanan okular pada bola mata yang bisa menyebabkan masalah pada penglihatan mata kita.

Mencegah penyakit kanker

Adanya kandungan antioksidan yang banyak dalam buah stroberi juga dapat membantu melawan radikal bebas. Dan faktor inilah yang memiliki pontensi penting untuk mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan penyakit tumor dalam tubuh. Buah stroberi juga dapat mencegah risiko penyakit kanker pada sebagian orang. Tentunya, hal tersebut merupakan kabar baik untuk kesehatan tubuh kita, bukan?

Menjaga kesehatan pencernaan

Selain memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, serat yang terkandung dalam buah stroberi juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan kita menjadi lebih baik.
Serat juga dapat berguna untuk mengikat kotoran dan lemak di dalam usus, sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit pencernaan seperti wasir dan sembelit. Selain itu, serat juga bisa membantu flora usus supaya mencerna makanan dengan lebih baik.

Meningkatkan fungsi otak

Manfaat lain buah stroberi yang tak kalah penting yaitu membantu meningkatkan fungsi otak. Hal ini terkait dengan banyaknya kandungan flavonoid dan antisianidin pada buah stroberi yang berfungsi efektif untuk mencegah penurunan memori pada otak.
Menurut studi yang dilakukan oleh Elizabeth Devore dari Harvard University memberikan kesimpulan bahwa wanita berusia lanjut yang mengonsumsi stroberi sebanyak dua buah atau lebih pada setiap minggunya mempunyai daya ingat yang lebih bagus.

Mencegah risiko stroke

Selanjutnya, manfaat lain dari buah stroberi yang begitu penting yaitu dapat membantu mencegah serangan penyakit stroke. Hal ini dikarenakan adanya zat anthocyanin pada buah stroberi yang bisa membantu mencegah naiknya tekanan darah atau disebut juga dengan hipertensi.

Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko terjadinya stroke pada seseorang. Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah stroberi secara rutin dapat mengontrol tekanan darah sehingga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit stroke.

Mengatasi peradangan atau anti inflamasi

Dan manfaat lain dari buah stroberi selanjutnya adalah membantu mengatasi peradangan. Kandungan antosianin, serat, mikronutrien, dan polifenol pada buah stroberi dapat bertindak sebagai anti inflamasi.
Riset yang dilakukan oleh para ahli gizi dari Oklahoma State University Amerika Serikat berkesimpulan bahwa zat-zat yang terkandung pada buah stroberi sangat berperan dalam membantu mencegah peradangan pada hiperglikemia, jaringan tubuh, dan berbagai penyakit pembuluh darah lainnya.

Menjaga kesehatan kulit

Dengan banyaknya kandungan vitamin C, air, antioksidan pada buah stroberi dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita. Dan tingginya kandungan air pada buah stroberi juga dapat menjaga kelembaban kulit dan membantu mencegahnya mengalami kekeringan.

Sedangkan banyaknya kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah stroberi, dapat membantu mencegah penuaan dini seperti keriput dan kerutan, serta dapat juga membuat kulit kita kelihatan cerah.

Mengatasi jerawat

Selain melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit berbahaya, ternyata buah stroberi juga dapat membantu mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan adanya zat anti inflamasi yang terkandung pada buah stroberi. Zat tersebut dapat membantu mencegah peradangan yang terjadi pada kulit yang menyebabkan munculnya jerawat di tubuh kita.

Membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan polusi

Manfaat lain dari buah stroberi yang baik untuk kulit selanjutnya yaitu dapat membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan polusi. Hal ini berkat adanya kandungan antioksidan yang banyak sekali pada buah stroberi.
Banyaknya aktioksidan pada buah stroberi mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang disebabkan oleh polusi ataupun karena dampak dari bahayanya sinar ultraviolet.

Membantu mencegah penyerapan kolesterol jahat (LDL)

Menurut riset dari National Public Institute di Helsinki, Finlandia, menyebutkan bahwa kandungan polifenol pada buah stroberi dan buah beri lainnya dapat membantu penyerapan kolesterol baik (HDL), serta dapat juga membantu mencegah penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Maka dari itu, mengonsumsi buah stroberi secara rutin dapat membantu mencegah diri kita dari berbagai macam penyakit kardiovaskuler yang disebabkan oleh kolesterol tinggi seperti halnya penyakit jantung.

Efek samping yang ditimbulkan

Untuk memperoleh manfaat dari buah stroberi ini, Anda dapat memakannya secara langsung atau dibuat jus. Jus buah stroberi bisa ditambah dengan toping yang disuka, agar terasa enak dan menyegarkan.

Selain memiliki banyak manfaat, buah stroberi juga dapat menyebabkan alergi pada siapa saja, terutama pada anak-anak. Dan orang yang memiliki sensitifitas terhadap apel atau serbuk sari makanan juga bisa alami reaksi alergi setelah memakan buah stroberi ini.

Gejala yang mungkin muncul setelah mengonsumsi buah stroberi yaitu gatal-gatal atau mengalami pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan atau lidah. Apabila Anda setelah memakan buah stroberi ini kemudian muncul gejala tersebut, maka langsung saja periksakan kepada dokter.

Selain itu, mengonsumsi buah stroberi secara berlebihan juga dapat berakibat alami gangguan perdarahan pada orang yang sudah memiliki gangguan pembekuan darah.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *