12 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

  • Share
Kapulaga


Kapulaga merupakan golongan rempah-rempah yang memiliki nama latin Elettaria cardamomum dan berasal dari India. Kapulaga ini biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk penyedap masakan maupun sebagai obat herbal untuk pengobatan. Bumbu dapur ini juga diyakini dapat membantu menurunkan darah tinggi hingga mampu melawan bakteri di dalam tubuh.

Selain dipakai sebagai alternatif obat herbal, menambahkan kapulaga secukupnya pada minuman maupun makanan yang akan dikonsumsi juga menjadi cara yang paling tepat untuk merasakan manfaat dari kapulaga untuk kesehatan.

Di sisi lain, kapulaga juga mempunyai segudang manfaat yang bisa dirasakan secara langsung setelah rutin mengonsumsinya. Dan apa saja manfaat kapulaga bagi kesehatan? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Kandungan Nutrisi Pada Kapulaga

Berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat padanya merupakan sebuah alasan mengapa kapulaga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang ada pada 1 sdm kapulaga, yaitu:

  • 18 kalori
  • 22,2 gram kalsium
  • 0,6 gram protein
  • 4 gram karbohidrat
  • 0,4 gram lemak
  • 1,6 gram serat
  • 64,9 mg kalium
  • 13.3 mg magnesium
  • 10,3 mg fosfor
  • 0,81 mg fosfor

Selain itu, kapulaga juga memiliki kandungan senyawa alami dengan sifat antioksidan di dalamnya yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, kita perlu mencobanya agar memperoleh manfaatnya.

Beberapa Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa pengujian terhadap binatang menyimpulkan bahwa manfaat kapulaga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Ini disebabkan oleh aktivitas aktioksidan yang terkandung di dalamnya yang dapat membantu meningkatkan fungsi jantung.
Dalam pengujian tersebut, binatang tikus yang setelah diberikan kapulaga memiliki kadar trigliserida dan kolesterol yang lebih rendah dari sebelumnya. Walaupun begitu, masih diperlukan pengujian lebih lanjut terhadap manusia.

Mengurangi risiko kanker

Selanjutnya, kapulaga juga memiliki kandungan fitokimia alami di dalamnya yang dapat membantu melawan kanker. Kandungan antikanker yang terdapat pada kapulaga ini diyakini dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Dalam sebuah pengujian pada binatang, ditemukan bahwa suplemen yang terkandung pada kapulaga yang dikonsumsi kurang lebih selama 15 hari bisa membantu memperkecil ukuran tumor di kulit.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar pengujian di atas dilakukan pada binatang sehingga masih diperlukan pengujian lebih lanjut untuk manusia agar dapat memperoleh manfaat dari kapulaga ini.

Sementara itu, belum ada efek samping ataupun risiko yang ditemukan pada penggunaan kapulaga ini. Akan tetapi, sebelum memanfaatkannya sebagai alternatif obat herbal, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Membantu mengatasi masalah pencernaan

Selama bertahun-tahun, kapulaga juga telah dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan masalah pencernaan. Di sisi lain, kapulaga juga dapat dikombinasikan dengan rempah lain sesuai keinginan untuk membantu mengatasi perut tidak nyaman, mual, dan muntah.
Dalam pengujian terhadap hewan tikus, hasilnya telah terbukti bahwa kapulaga juga dapat mengurangi ukuran dan jumlah tukak lambung.

Membantu mengatasi penyakit asma

Manfaat lain dari kapulaga adalah berperan penting dalam mengatasi gejala asma seperti sesak napas, batuk, sesak di dada, dan mengi.

Hal ini lantaran adanya kandungan senyawa dalam kapulaga yang berfungsi memperlancar aliran udara menuju paru-paru dan meningkatkan pernapasan dalam tubuh.

Selain itu, kapulaga juga berguna dalam memperlancar pernapasan dengan cara meningkatkan sirkulasi darah di dalam paru-paru kita. Ini juga dapat membantu mengatasi peradangan berkaitan dengan menenangkan selaput lendir.

Dan ketika dimanfaatkan untuk aromaterapi, kapulaga juga mampu menghasilkan aroma yang menyegarkan yang dapat membantu mengoptimalkan tubuh untuk menggunakan oksigen selama melakukan olahraga.

Menurut penjelasan dari jurnal Nutrients, disebutkan bahwa kapulaga hijau memiliki manfaat untuk membantu mengatasi penyakit bronkitis, asma, dan berbagai macam masalah lain yang berkaitan dengan pernapasan.

Meningkatkan kesehatan mulut

Sebuah penelitian memberikan kesimpulan bahwa biji kapulaga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan mulut karena kandungan yang dimilikinya bersifat antioksidan dan antiperadangan.
Selain itu, ekstrak kapulaga juga bermanfaat untuk membantu melawan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang, bau mulut, dan penyakit gusi.

Membantu menurunkan tekanan darah

Manfaat lain kapulaga yang bisa diperoleh yaitu mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini diketahui dalam sebuah riset dimana 20 orang dewasa yang menderita tekanan darah tinggi diberikan 3 gram bubuk kapulaga untuk dikonsumsi setiap hari.

Setelah 12 minggu mengonsumsinya, tekanan darah semua penderita pun mengalami penurunan secara drastis dalam angka normal. Dalam riset tersebut telah ditemukan bahwa ternyata kapulaga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berimplikasi pada penurunan tekanan darah secara drastis.

Manfaat Kapulaga untuk kesehatan
Manfaat Kapulaga untuk kesehatan

Menyembuhkan batuk dan pilek

Di dalam kapulaga terkandung antioksidan yang tinggi, bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan batuk dan pilek. Dan kapulaga itu sendiri memiliki dua jenis warna, yaitu hijau dan hitam.

Menurut keterangan Ahli Gizi di Bangalore yang bernama dr. Anju Sood, menjelaskan bahwa kapulaga hitam dapat membantu mengatasi batuk dan pilek, serta gangguan pernapasan tertentu.

Cara membuatnya yaitu dengan merendam beberapa buah polong dalam air hangat beserta madu dan kapulaga. Selanjutnya, minumlah teh kapulaga tersebut selagi hangat untuk menyembuhkan flu. Teh tersebut dapat memberikan rasa hangat di dalam tubuh.

Membantu melawan bakteri dan jamur

Manfaat kapulaga bisa datang dari minyak bijinya yang mungkin bisa membantu melawan bateri dan jamur.
Di dalam penelitian yang terdapat pada jurnal “Molecules”, telah menyimpulkan bahwa minyak esensial dari olahan kapulaga sangat bermanfaat dalam membantu melawan beberapa jenis jamur dan bakteri.

Akan tetapi, konsultasikanlah terlebih dulu dengan dokter Anda sebelum memanfaatkannya, karena ada beberapa produk herbal yang dapat berinteraksi dengan obat lain atau bisa saja malah dapat mengakibatkan efek samping.

Mengobati infeksi

Manfaat lain dari kapulaga yaitu dapat membantu menyembuhkan infeksi karena adanya efek antibakteri yang terkandung di dalamnya. Dalam penelitian lain juga telah menyimpulkan bahwa minyak atsiri dan ekstrak kapulaga memiliki kandungan senyawa yang bisa mengatasi beberapa jenis bakteri.

Namun, masih diperlukan beberapa penelitian lanjutan terhadap manusia untuk membuktikan bahwa kapulaga benar-benar memiliki manfaat tersebut.

Mengobati masalah tidur

Dengan menghirup aroma minyak esensial dari olahan kapulaga yang memiliki efek menenangkan dan menyegarkan ini juga bisa membantu mengobati masalah tidur seperti gelisah, cemas, dan insomnia.

Melindungi tubuh dari penyakit kronis

Selanjutnya, manfaat lain kapulaga yang tak kalah penting yaitu dapat membantu melindungi tubuh dari bahaya penyakit kronis. Dalam waktu yang lama, peradangan dapat mengakibatkan penyakit kronis yang membahayakan. Dan perlu diketahui, kapulaga mempunyai efek anti-inflamasi yang bisa mengatasi peradangan sehingga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis yang membahayakan seperti diabetes miletus, hipertensi, kanker, dan penumpukan lemak di pembuluh darah (aterosklerosis).

Bukan hanya itu saja, kandungan antioksidan dalam kapulaga juga diyakini dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan dan mengatasi peradangan.

Membantu menjaga kesehatan hati

Menurut pengobatan Ayurveda di India, kapulaga juga sering digunakan masyarakat di sana untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Walaupun masih sedikit bukti ilmiah yang mengonfirmasinya, kapulaga ternyata mempunyai beberapa manfaat yang berefek pada hati, yang memberi peran penting dalam mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh kita.

Cara Membuat Minuman dari Kapulaga

Kapulaga juga bisa dibuat menjadi berbagai macam jenis minuman maupun makanan, salah satunya yaitu dibuat menjadi minuman susu mint kapulaga yang populer akan kesegaran dan kesehatannya.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 5 butir kapulaga
  • 250 ml susu cair murni
  • 5 lembar daun mint
  • 1 sdm gula

Tahapan-tahapan untuk membuat minuman mint kapulaga ini, yaitu:

  • Pertama kali, siapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuatnya. Setelah itu, lembutkan 5 butir kapulaga yang sudah dipersiapkan.
  • Kemudian, masukan 250 ml susu cair dalam sebuah panci dan panaskan hingga tampak cukup panas. Setelah panas, masukkan kapulaga yang sudah dilembutkan tadi ke dalam panci.
  • Selanjutnya, aduk sampai rata dan saring susu yang sudah dicampur dengan kapulaga tadi ke dalam sebuah gelas.
  • Terakhir, masukkan daun mint ke dalam susu dan aduklah sebentar. Setelah itu, Anda dapat menyajikan minuman ini dengan keadaan dingin maupun hangat.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *